Thursday 1 September 2016

UPSS!! MENDAKI GUNUNG MENJADI TREND



Sebelumnya saya mau memberikan fakta bahwa, kegiatan outdoor mendaki gunung sangat di minati banyak orang. Apalagi setelah ada nya film " 5cm " yang berceritakan tentang pendakian ke Gunung Semeru. Yang saya lihat dengan mata saya sendiri, dan yang agak saya kurang paham banyak sekali orang yang ingin show off, dengan nonton 5cm di bioskop mengenakan kostum gunung ( celana track, sepatu TNF, dll ). Biar di bilang anak pecinta alam ya? hihihihi.. tidak bermaksud menyindir ataupun keberatan dengan itu.

Yang menjadi permasalahannya adalah, membludaknya kuota pendakian di gunung2 indonesia, gunung itu sendiri di penuhi lautan manusia beserta " ( SAMPAH - SAMPAH ) " nya..
Syukur alhamdulilah jika memang ada yang menyadari minimal membawa sampah groupnya sendiri, TETAPI sayangnya adalah lebih banyak yang tidak menyadari tentang kelestarian alamnya. ( ngakunya pecinta alam ? ) hehehehe..



BEFORE


AFTER



Apa yang anda rasakan jika pendakian anda seperti ini.. ?? Hitung saja 100 pendaki per hari apa yang akan terjadi di gunung itu sendiri ?? :''(( sebaiknya pihak perhutani mempertimbangkan ini. pekerjaannya mungkin akan menjadi semakin berat ( Membuka jalur yang terkena longsor / pohon tumbang , Membawa turun SAMPAH - SAMPAH mereka , menjaga keselamatan para pendaki ) Hitunglah 20 personil perhutani yang memantau keadaan gunung tersebut berserta ratusan pendaki. sungguh pekerjaan yang berat.

Kemudian dengan ratusan pendaki ini bagaimana jika mereka ingin buang air besar? alias BAB / boker / eek / mencret dll . alangkah baiknya jika mereka membuang BAB mereka di MCK yang mungkin sudah di sediakan. kalo tidak ada MCK bagaimana?? inilah dia kasus yang mungkin saya alami sendiri.
Banyak sekali sekali sekali sekali " JEBAKAN BATMAN " khususnya di Pos camp disediakan, mereka membuang air besar mereka di sembarang tempat !! sungguh pemandangan yang menakjubkan.
saya disini tidak bermaksud meng gurui atapun mengajari.. alangkah baiknya jika kalian menggali tanah tersebut untuk tempat anda membuang BAB anda , dan di tandain dengan ranting dengan bendera tissue basah !! hehehehe..

Mungkin keadaan gunung tersebut akan lebih baik.. dan masih memiliki pemandangan yang indah.

Mungkin cukup sekian cerita saya kali ini bagaimana kita untuk menjaga keadaan gunung kita indonesia!!

1.  Minimal bawalah kembali sampah bawaan anda.. lebih baik lagi, kalian membawa sebagian sampah - sampah yang tersisa.

2.  Buatlah lubang untuk membuang BAB anda, dan jangan lupa di tutup kembali ! hehehehe. Ohh iyaa jangan lupa pake ranting dan bendera tissue basah !! AHAHAHA


Semoga dari pengalaman saya ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.!! thanks..
Salam RIMBA ~

No comments:

Post a Comment